Cara Mencegah Klik Kanan Copy pada Konten Blogger

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Pada pembahasan kali ini, kita akan membuat anti klik kanan copy pada blogger. Trick ini cukup berguna untuk mencegah pencurian karya tulis yang telah kalian buat dengan susah payah.


Anti klik kanan to copy adalah salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mencegah dari pencurian konten atau karya tulis yang telah kalian buat di internet. Meski terkadang konten yang dicuri tidak seberapa berharga, namun akan berdampak buruk bagi reputasi blog kalian jika konten yang dicuri orang lain lebih dulu diindex di mesin pencari.

Membuat anti copas pada blogger cukup mudah, konsep dasarnya adalah menonaktifkan perintah klik kanan. Di tutorial kali ini juga kita akan membuat alert atau pesan jika pembaca mencoba mengklik kanan pada konten   blog kalian.

Cara implementasinya cukup mudah. Kita tidak perlu mengoprek tema yang sudah rapih dan bersih. Cukup menggunakan widget, yang mana widget ini tidak akan terlihat tapi dapat berfungsi jika ada aktivitas klik kanan.

Cara Membuat Anti Copy Paste pada Blogger

1. Masuk ke blog kalian masing-masing. Lalu masuk ke menu tata letak, lalu klik tambahkan gadget di sembarang tempat, lalu klik HTML/javascript. Silahkan copy script di bawah ini dan paste ke dalam kotak konten.




2. Klik tombol simpan, lalu buka kembali blog kalian dan coba untuk menggunakan klik kanan. Hasilnya blog akan memunculkan pesan seperti gambar di bawah ini. Oh ya, kalian juga dapat mengganti pesan yang muncul dengan mangganti isi dari var message.
Membuat Anti Klik Kanan pada Blog
Anti klik kanan pada blog



Bagaimana, cukup mudah bukan?, trick ini cukup berguna, tapi tidak 100% dapat menghindari dari pencurian konten. Orang lain tetap bisa melakukan plagiat dengan cara mendikte kata demi kata. Meski begitu setidaknya cara ini akan memperlambat mereka.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial blogger keren lainnya.

Post a Comment

0 Comments