Cara Optimasi SEO on Page yang Efektif pada Website

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Pengoptimalan mesin pencari bagi sebuah website atau yang dikenal dengan SEO adalah hal yang wajib dilakukan untuk membuat website yang sukses. Semakin baik sebuah website di mata mesin pencari, maka akan semakin mudah orang lain mengunjungi website tersebut. 

Berhasil muncul di halaman pencarian pertama adalah bukti bahwa penerapan SEO yang kalian lakukan berhasil. Orang akan cenderung membuka website di halaman pertama pencarian, website yang bertengger di halaman berikutnya sangat jarang dilirik dan lebih banyak diabaikan. Website yang SEO sama dengan menaikkan trafik dan membuka peluang yang lebih luas agar masyarakat mau membeli produk yang ditawarkan.

Sayangnya membuat website menjadi SEO bukanlah hal mudah, perlu metode-metode khusus dan ditambah konsistensi dalam menerapkannya. Membuat website menjadi SEO bukanlah pilihan tapi hal yang wajib untuk diterapkan, bahkan jika kalian memilki dana periklanan yang banyak sekalipun. Optimasi SEO adalah investasi jangka panjang, sebuah cara untuk meyakinkan mesin pencari bahwa website yang kalian buat layak untuk ditampilkan.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat dari penerapan SEO bagi sebuah website. Karena sangat bermanfaat, maka pada artikel kali ini porkaone akan mengulas cara optimasi SEO on page yang baik dan efektif untuk keberhasilan sebuah website.



1. Kata Kunci / Keyword

Dalam komponen SEO, kata kunci atau keyword memiliki peranan penting dalam mendongkrak performa website di mata mesin pencari. Kata kunci atau keyword adalah susunan kata yang dicari oleh orang di mesin pencari, lalu dari keyword tersebut mesin pencari akan menganalisa dan menampilkan konten yang cocok dengan yang dimaksud.

Dengan merujuk pada kata kunci yang sesuai, maka mesin pencari akan lebih mudah memberikan informasi yang paling relevan terhadap maksud pengguna. Kalian bisa menentukan kata kunci di dalam judul post, meta deskripsi, dan isi dari post itu sendiri.

Untuk menentukan kata kunci terbaik, adalah dengan mengetikkannya langsung di mesin pencari lalu melihat total pencarian dan hasil pencarian terbaik yang dihasilkan. Semakin banyak pencarian yang dihasilkan maka akan semakin tinggi kemungkinan website kalian dilihat oleh orang lain, tapi juga semakin sulit untuk bersaing dengan website-website lainnya.

Kalian juga bisa menggunakan tools lainnya seperti google trends, google keyword planner, dan ubersuggest dimana kalian tinggal membidik keyword yang ingin dicari, lalu tools tersebut akan menampilkan hasilnya secara mendetail seperti total pencarian, tingkat persaingan, trafik pencarian dalam kurun waktu tertentu, dan contoh-contoh website yang menggunakan kata kunci terkait.

cara optimasi SEO on page
Ubersuggest




2. Membuat Konten yang Berkualitas

Konten adalah raja, semakin banyak konten yang dihasilkan maka akan semakin besar peluang website kalian dilihat orang lain. Website dengan konten yang berkualitas dan terus diperbanyak lambat laun akan menaikkan visitor website itu sendiri, dengan catatan website dan post yang dibuat harus terindex di mesin pencari.

Membuat konten yang berkualitas memang gampang-gampang sulit, tapi itu bisa diatasi dengan memperbanyak tulisan. Konten yang berkualitas haruslah informatif, jelas, mudah dipahami, tidak menipu orang dan tentunya buatan kalian sendiri. 

Selian itu, selipkan keyword yang kalian bidik dalam post yang ditulis, post jangan terlalu pendek juga jangan terlalu panjang, tidak boleh terlalu banyak gambar, dan pastikan gambar yang kalian gunakan bebas dari copyright.


3. Memasang Internal Link

Internal link adalah tautan yang menuju halaman lain tapi tetap dalam website yang sama. Memasukkan internal link memungkinkan orang lain untuk membaca lebih lama dan mendapatkan informasi lebih dengan mengarahkan mereka menuju post terkait. Ini adalah bagian dari UX(user experience) atau pengalaman pengguna, dimana pengguna akan merasa lebih nyaman berada di website yang kalian buat.

Itu bagi pengguna, sedangkan bagi mesin pencari, hal ini memudahkan mesin pencari untuk menjelajahi dan mengindeks isi website. Struktur yang baik akan memudahkan indeks pencarian yang cepat. Untuk tips ke-3 ini tidak ada cara-cara khusus, kalian hanya perlu meneylipkan link pada post terkait. 


4. Membuat Deskripsi Penelusuran

Saat melakukan pencarian, mesin pencari akan menampilkan seluruh hasil yang paling relevan dengan keyword yang dimasukkan. Tiap hasil pencarian menampilkan domain, meta title, dan meta deskripsi. Untuk contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

cara optimasi SEO on page
Meta deskripsi pada pencarian google



Jadi deskripsi penelusuran adalah meta deskripsi, terletak di bawah meta title dan berfungsi sebagai penjelas dan ringkasan dari isi sebuah postingan.

Jika kalian menggunakan yoast SEO pada wordpress, kalian bisa menentukan sendiri meta deskripsi yang akan tampil di halaman pencarian, selain itu meta deskripsi pada yoast SEO akan dibatasi sehingga kalian bisa memilih kata yang paling tepat untuk ditampilkan. 

Tapi jika kalian tidak menggunakan yoast SEO kalian bisa menggunakan script di bawah ini dalam mode visual atau html.
  • Meta title: <Title>Judul website kalian</Title>
  • Meta Description : <Meta Content='deskripsi website kalian' Name=’Description’/>
  • Meta Keyword : <Meta Content='keyword website kalian' Name=’Keywords’/>


5. Kecepatan Load Halaman

Hal yang paling penting dan harus terus dijaga adalah kecepatan load halaman. Halaman website yang ditampilkan lebih cepat akan memberikan kenyamanan bagi para pembaca. Selain itu juga, ratingnya akan lebih baik di mata mesin pencari.

Ada beberapa faktor penting agar performa load halaman website menjadi lebih stabil. Yaitu media dan fitur yang ditampilkan. Semakin besar ukuran gambar, maka akan semakin lama pula load halaman yang dibutuhkan. Fitur juga demikian, jika kalian terlalu banyak menampilkan widget, table, caraousel, atau hal-hal yang tidak penting lainnya itu akan memperlambat load halaman.

  1. Tipsnya adalah kompresi gambar sebelum diupload kalian bisa menggunakan tools ini https://kraken.io/web-interface, atau gunakan wp smush untuk mengkompresi semua file yang tidak optimal.
  2. Hilangkan widget, atau fitur yang tidak dibutuhkan termasuk iklan yang telalu banyak ditampilkan.

Itulah 5 cara melakukan optimasi mesin pencari atau SEO pada sebuah webiste. Lalu apakah cara-cara di atas ampuh untuk menaikkan peringkat?, jawabannya tergantung dari disiplin dan konsistensi kalian dalam menerapkan cara-cara di atas.

Cara-cara di atas adalah hal-hal yang paling mendasar untuk diterapkan, bahkan harus diterapkan di setiap postingan yang kalian buat. Jangan mudah putus asa, kalian perlu melakukan uji coba sesering mungkin, jika kalian konsisten dengan rata-rata 1 artikel berkualitas SEO setiap hari, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan harapan. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar