Membuat Related Post Otomatis pada Postingan Blog

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Dalam memaksimalkan penerapan SEO, menempatkan link internal atau outbound link adalah hal yang penting dan bisa jadi wajib untuk dilakukan. Menempatkan link internal di dalam postingan blog memiliki beberapa manfaat seperti menambah kenyamanan, menambah pengalaman pengguna, dan memudahkan crawler bot untuk melakukan indexing terhadap struktur dari website tersebut.

Cara paling mudah untuk menambah link internal adalah dengan menyematkannya secara langsung di bagian post. Atau jika kalian punya pengetahuan tetang html dan css, kalian bisa membuat link internal dengan style yang menarik sehingga tidak mengganggu tampilan halaman post tersebut.

Tapi untungnya hal tersebut bisa kalian buat secara otomatis, sehingga kalian tidak perlu lagi menyematkan link internal setiap kali menulis postingan blog. Selain otomatis menyematkan, link tersebut akan diacak dan diberikan style sehingga lebih menarik. Lalu bagaimana caranya?. Cara membuatnya sangatlah mudah sekali. Ayo ikuti langkahnya berikut ini.


Cara Membuat Related Post Otomatis

Karena kita akan mengedit template, jadi silahkan backup terlebih dahulu blog kalian masing-masing. Backup bertujuan untuk mencadangkan versi blog sebelumnya. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika blog terjadi masalah. Cara melakukan backup bloag adalah masuk ke akun blogger → buka menu template atau tema → klik tombol tanda panah ke bawah di sebelah tombol sesuaikan → lalu klik cadangkan atau backup

1. Masuk ke akun blogger kalian masing-masing → buka menu template atau tema → lalu klik tombol tanda panah ke bawah di sebelah tombol sesuaikan → lalu klik edit HTML. Lalu copy script di bawah ini dan pastekan sebelum kode </head>. Untuk memudahkan pencarian </head> silahkan menggunakan kombinasi kunci CTRL + F.

 


2. Kemudian cari kode Kode ]]></b:skin> atau </style>. Lalu paste script di bawah ini sebelum kode tersebut.



3. Terakhir copy dan paste script di bawah ini sebelum kode <data:post.body/>.




Setelah semuanya selesai, simpan!. Lalu lihat hasilnya dengan cara masuk ke salah satu postingan blog kalian yang telah diterbikan. Gambarnya akara terlihat seperti di bawah ini.

membuat related post otomatis
Hasil akhir related post


Baca tutorial ini dengan seksama sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi. Tapi meski begitu, saya pikir tidak ada kesalahan fatal kecuali jika kalian menghapus script tertentu. Jadi begitulah cara menambahkan related post di tengah artikel blog.

Dengan hadirnya fitur ini, mudah-mudahan bisa menambah kesan yang lebih baik, pengguna juga jadi lebih muda untuk mengakses informasi lain, dan yang paling penting mesin pencari menajadi lebih mudah memahami struktur website yang kalian buat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa :)

Posting Komentar

0 Komentar