Pengertian VPS, Alasan Menggunakan VPS, dan Perbedaan VPS dan Shared Hosting

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Sebetulnya, pengguna VPS sangat jarang sekali ditemui, alasannya karena orang yang membutuhkannya pasti memiliki website dengan skala besar. Pengguna VPS biasanya membutuhkan performa yang stabil, resource yang sangat besar, akses yang lancar dan kontrol penuh terhadap server yang dikelola. Oleh karena itu, saat jumlah pengguna sudah mencapi ratusan ribu hingga jutaan, VPS menjadi pilihan yang tepat, pasalnya pengguna juga perlu speed dan keamanan yang mumpuni saat mengakses sebuah website.

Tapi tidak jarang juga pengguna lebih memilih hosting dan tidak langsung menggunakan VPS, alasannya karena biaya, SDM yang kurang memadai, upgrade ke VPS yang tidak banyak orang mengerti, atau bahkan tidak mengerti sama sekali apa itu VPS.

Nah pada artikel kali ini, porkaone akan membahas VPS lebih dalam lagi. Mulai dari pengertian, alasan kenapa menggunakan VPS, perbedaan VPS dan hosting.


Apa Itu VPS

VPS adalah kepanjangan dari virtual private server. Sebuah server virtual yang dapat diakses dari jarak jauh. Mirip dengan komputer server yang kalian miliki di kantor. VPS jelas di atas hosting, karena kalian bisa mengontrol VPS secara penuh seperti komputer atau laptop yang kalian miliki.

VPS menggunakan teknologi virtualisasi hardware yang dibagi-bagi menjadi resource yang berbeda, tiap resource tidak dapat membagi resourcenya ke yang lain. Sehingga saat terjadi mati lampu atau error pada VPS, VPS milik kalian tidak kena ikut imbasnya. Sedangkan jika menggunakan shared hosting, resource akan dibagi, jika mati lampu maka semua pengguna shared hosting akan terkana imbasnya termasuk kelebihan bandwith yang digunakan.

Spesifikasi VPS juga mirip dengan komputer pada umumnya, menggunakan processor, ram, penyimpanan memory dan bandwidth. Jika kalian sudah terbiasa membeli hosting, spesifikasi seperti ini jelas tidak terasa membingungkan lagi untuk dibaca dan dipahami.

Perbedaan lain antara komputer biasa dan komputer server adalah pada fitur pengelolaan aktivitas data yang masuk dan keluar, server menyediakan database dan file lainnya yang bisa diakses oleh client dengan hak akses ke dalam data atau file tersebut. Hal lainnya yang membedakan antara komputer biasa dan server adalah terdapat webservice, mail service, ftp service, dan application service.

Setiap penyedia VPS memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung paket dan harga yang mereka tawarkan kepada client. VPS menjadi sebuah solusi jika server fisik terlalu mahal untuk dimiliki. Keuntungan lainnya adalah performa, privasi, dan akses penuh terhadap server.


Alasan Menggunakan VPS

1. VPS Lebih Hemat
Menggunakan VPS lebih hemat dibandingkan membeli server fisik. Kita dapat menyewa VPS dalam jangka waktu tertentu dan saat waktunya habis kita bisa migrasi ke layanan server lainnya dengan mudah. Selain itu, kita tidak perlu memikirkan biaya perawatan dan gaji teknisi untuk merawat server fisik.

2. Support
Selain lebih hemat, kita akan mendapatkan banyak fitur dan aplikasi yang telah disediakan oleh penyedia layanan untuk mempercepat pengembangan virtual server yang dibuat. Selain itu, tersedia customer service yang siap sedia membantu keluhan kalian jika terjadi trouble pada server yang disewa. Biasanya penyedia VPS juga akan menulis dokumentasi yang lengkap bagaiman cara mengoperasikan VPS dalam bentuk artikel blog.

3. Performa
Dibanding shared hosting, VPS memiliki performa yang lebih tinggi, kenapa?, karena pengguna VPS memiliki akses penuh terhadap server yang dikelola. Tidak ada pembagian resource kepada pengguna yang lain. Jika menggunakan shared hosting maka resource akan dibagi-bagi ke yang lain juga.

VPS bisa diibartakan sebagai sebuah gedung apartemen, dimana tiap kamar apartemen memiliki fasiltias sendiri termasuk listrik dan sumber air. Sedangkan shared hosting layaknya gedung bertingkat biasa yang mana jika terjadi mati lampu maka seluruh gedung akan mengalaminya, termasuk distribusi air ke ruangan-ruangan yang ada di gedung tersebut.


Perbedaan VPS dan Shared Hosting 

  1. Alokasi sumber daya. Saat menyewa VPS maka sumber daya hanya kalian sendiri yang menggunakan. Sedangkan shared hosting maka sumber daya akan dibagi-bagi ke yang lain.
  2. Keamanan. VPS lebih aman karena private, saat yang lain terjadi error VPS yang kalian miliki tidak ikut terkena dampaknya. Sedangkan shared hosting adalah sebaliknya.
  3. Performa. VPS memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan shared hosting, alasannya karena resource yang kalian miliki atau yang orang lain miliki tidak dibagi ke yang lain. Performa akan menurun jika diakses oleh banyak orang.
  4. Konfigurasi. Karena VPS layaknya komputer biasa, kalian bebas menentukan aplikasi apa yang mau diinstall di dalamnya, termasuk sistem operasi. Sendangkan shared hosting tidak, semua aplikasi telah disediakan oleh penyedia layanan, kalian tidak bisa memilih diluar dari aplikasi yang disediakan.


Sekian artikel tentang VPS, pengertian VPS, kenapa menggunakan VPS, dan perbedaan VPS dan shared hosting. Semog artikel singkat ini bermanfaat, jika kalian ingin membeli paket VPS, biasanya penyedia hosting juga menjual paket VPS yang bisa kalian sewa. Sekian, sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar