Perbedaan Aplikasi dan Sistem Informasi yang Harus Kalian Tahu

Gambar oleh Xpics dari Pixabay

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Sistem informasi dan aplikasi adalah 2 hal yang berbeda, tapi saat mendengar dua kata ini, banyak orang tidak mengerti arti dan perbedaan dari keduanya. Baiklah di kesempatan kali ini, saya akan coba membahas pengertian dan perbedaan dari kedua kata tersebut dilihat dari sisi perangkat lunak.


Di zaman seperti sekarang, teknologi digital sudah mendarah daging, dan istilah-istilah baru pun mulai bermunculan, salah satunya sistem informasi. Meski sejatinya sistem informasi bukanlah hal baru, tapi nyatanya banyak orang tidak tahu dan tidak bisa membedakan antara sistem informasi dan aplikasi.

Bahkan mahasiswa informatika di semester awal, juga akan sulit menjelaskan perbedaan dari kedua istilah tersebut. Hanya saja, satu hal yang saya pahami dulu saat awal masuk kuliah, sistem informasi dan aplikasi adalah sebuah sistem yang mana keduanya memiliki fungsi yang sama. Bagi saya aplikasi adalah software dengan purpose yang lebih umum dan sistem informasi adalah software untuk kerja.

Untuk dapat membedakan dua istilah tersebut, saya akan menjelaskan arti dari keduanya. Dimana kedua arti tersebut akan sedikit saya jabarkan dan saya sambungkan untuk mendapatkan perbedaan dari keduanya.


Aplikasi

Disadur dari wikipedia: Aplikasi dalah subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan komputer untuk menjalankan tugas yang dimaksud oleh pengguna. Biasanya dikomparasi dengan software sistem dengan mengintegrasikan kemampuan komputer.


Sistem Informasi

Menurut Mc Leod, sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi. Key: Mengumpulkan informasi dari semua sumber.


Perbedaan Aplikasi dan Sistem Informasi

Saya menyimpulkan dari kedua istilah tersebut bahwa sistem informasi adalah aplikasi dengan versi yang lebih lengkap. Sistem informasi menampung banyak aplikasi di dalamnya dan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut. Sedangkan aplikasi adalah bagian dari sebuah sistem informasi.

perbedaan sistem informasi dan aplikasi
Sistem informasi dan aplikasi by sahretech.com

Kita ambil contoh gampang, yaitu sistem informasi akademik. Sistem informasi akademik memiliki banyak aplikasi di dalamnya. Yaitu aplikasi pendataan siswa, aplikasi pendataan guru, aplikasi kelas, aplikasi rombel, aplikasi absensi, aplikasi penilaian, aplikasi tugas, aplikasi ujian online dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Setiap aplikasi tersebut terintegrasi dengan aplikasi lainnya, seperti aplikasi ujian online membutuhkan aplikasi data siswa, aplikasi guru, aplikasi kelas dan aplikasi mata pelajaran. Jadi ini adalah penjelasan sekaligus perbedaan dari kedua istilah tersebut.

Jika kalian belajar sistem dan hubungan sub sistem maka perumpamaan ini bisa kita samakan, bahwa sistem informasi menjadi induk sistem dan aplikasi di dalamnya adalah sub sistem.


Kesimpulan

Aplikasi adalah bagian dari sistem informasi, sedangkan sistem informasi adalah induk dari aplikasi. Sistem informasi adalah sebuah induk aplikasi dan mengakomodir berbagai aplikasi di dalamnya. 

Itulah sedikit pendapat saya tentang perbedaan dari kedua istilah tersebut. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan informasi baru bagi para pembaca dan bagi mahasiswa informatika khususnya. Jika kalian punya pendapata lain tentang arti dari kedua istilah tersebut, ayo kita diskusikan bersama di kolom komentar di bawah ini. 😀

Posting Komentar

0 Komentar