Perbedaan Aplikasi Mobile, Desktop dan Website

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak model dan jenis aplikasi mulai bermunculan. Nah, jenis aplikasi yang akan kita bahas kali ini adalah mobile apps, desktop app, dan website. Semuanya dikategorikan segabagi aplikasi, tapi memiliki karakterisitk yang berbeda. Ayo ikuti pembahasan lengkapnya berikut ini.


Aplikasi

Sebelum kita masuk lebih dalam, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu aplikasi. Aplikasi adalah perangkat lunak, yang terdiri dari berbagai instruksi dan jika dijalankan maka akan menjalankan aktivitas tertentu.

Aplikasi juga bisa disebut sebagai penerjemah instruksi, dimana setiap instruksi yang dieksekusi akan menghasilkan output tertentu. Intinya aplikasi adalah apa yang biasa kalian pakai dan gunakan pada perangkat komputer, laptop atau smartphone. Saat kalian menggunakan aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut akan memberikan hasil yang sesuai dengan ekseksui yang diberikan.

Tambahan: Apakah portal berita seperti detik.com atau blog pribadi termasuk aplikasi?
Jawabannya, iya. Itu termasuk ke dalam aplikasi website. Perlu kalian ketahui, bahwa semua website itu adalah aplikasi tidak terkecuali website berita seperti detik, tribun, liputan6 dsb. Termasuk juga blog yang hanya bercerita tentang perjalanan dan pengalaman pribadi seseorang.

Tapi ada juga aplikasi website layaknya aplikasi kerja. Dimana aplikasi website tersebut bisa menginputkan data, dan membuat laporan. Contohnya banyak sekali: seperti cbt(computer based test), aplikasi kasir, sistem informasi kampus dan masih banyak yang lainnya.


Perbedaan Mobile Apps, Desktop App, dan Web App

Seperti yang sudah saya singgung di atas, semua jenis aplikasi memiliki karaktersitik tersendiri dan setiap jenis aplikasi dapat bekerja di lingkungannya masing-masing. Semua jenis aplikasi dapat bekerja layaknya aplikasi pada umumnya, seperti menerima inputan, mengeksekusi inputan dan menghasilkan output. Jadi tidak ada perbedaan dari sisi fungsionalitas

Kenapa ada banyak jenis aplikasi?, alasannya untuk menambah fleksibilitas dan memenuhi kebutuhan perangkat dengan berbagai jenis device. Berikut ini adalah perbedaan antara mobile app, desktop app, dan web app.

perbedaan aplikasi mobile, dekstop, dan website
Perbedaan dan perbandingan 3 jenis aplikasi



Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu aplikasi, jenis-jenis aplikasi dan perbedaan aplikasi mobile, desktop, dan website. Nah, sekarang kalian tertarik membuat aplikasi jenis apa nih?, kalo mimin sih nyaraninnya bikin aplikasi web dulu aja.

Kalian bisa kok memulai membuat aplikasi website dengan ngeblog di platform blogger atau membuat website pribadi kalian di wordpress. Kalian bisa memulainya hanya dengan laptop dan jaringan internet. Kalo bingung cara belajaranya, silahkan kunjungi web ini aja gan sahretech.com. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. :)

Post a Comment

0 Comments