Apa itu Bandwidth?, Pengertian dan Fungsi Bandwidth

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Di dalam dunia jaringan internet, hal yang cukup penting dan sangat mempengaruhi kecepatan pengiriman data adalah bandwidth. Lantas apasih yang dimaksud dengan bandwidth itu?, terus apasih fungsi bandwidth terebut?, dan seberapa besar Bandwidth yang dibutuhkan?.  Semua pertanyaan tersebut akan kita jawab pada artikel di bawah ini.


Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah besaran data yang dapat dikirimkan oleh media transmisi dalam satu waktu. Semakin besar bandwith, maka semakin banyak data yang dapat dikirimkan. Bandwidth biasa disebut dalam bps yaitu bit persecond. Contohnya, bandwidth internet kalian adalalah 20 Mbps, maka kecepatan transfer data yang dimaksud adalah 20 juta bit per detik.

Jika disamakan dengan dunia nyata, bandwidth itu ibarat pipa air. Jadi semakin besar diameter pipa air, maka semakin besar pula air yang dapat disalurkan. Analogi lainnya adalah jalan raya, lebar jalan raya dapat kita ibaratkan sebagai bandwidth dan kendaraan di dalamnya kita ibaratkan sebagai data. Maka semakin besar jalan raya, semakin besar pula kendaraan yang dapat melintasi jalan tersebut.

pengertian dan fungsi bandwidth
Ilustrasi bandwidth dengan jalan raya




#gambar

Berapa Total Bandwith yang Diperlukan? 

Besaran bandwidth tergantung dari berapa banyak orang yang akan menggunakannya. Jika di dalam satu rumah hanya kalian saja yang menggunakannya maka bandwidth sebesar 5 Mbps sudah cukup untuk memenuhi kecepatan internet kalian. 

Berebeda hal jika di dalam satu rumah tidak hanya kalian yang menggunakan internet. Ada beberapa orang seperti ayah, ibu, dan adik kalian. Artinya ada 4 orang yang menggunakan internet. Maka kecepatan bandwidth yang dibutuhkan sekitar 20 Mbps, dimana rata-rata pengguna akan mendapatkan 5 Mbps. Itu adalah sedikit simulasi sederhana berapa bandwidth internet yang dibutuhkan dalam satu rumah, meski sebenarnya ada faktor lain untuk menghitung seberapa ideal bandwidth yang diperlukan seperti jumlah perangkat yang terkoneksi dan pengelompokkan pengguna dengan aktivitas ringan hingga berat. 

Analisa mendalam tentang seberapa besar bandwidth yang akan dialokasikan biasanya digunakan pada gedung perkantoran yang memiliki banyak pegawai di dalamnya. Berikut ini adalah infografis tentang bagaimana bandwidth dibagi ke para pengguna.
pengertian dan fungsi bandwidth
Pembagian bandwidth




Fungsi Bandwidth

Jika dijabarkan kembali tentang pengertian bandwidth di atas, maka ada beberapa fungsi yang dapat kita simpulkan. Berikut ini beberapa fungsi bandwidth dalam jaringan internet.

1. Besaran Data yang Dapat Dikirmkan

Fungsi pertama, sebagai besaran data yang dapat dikirimkan dari sumber ke tujuan. Ukuran bandwidth sangat penting, pasalnya besaran bandwidth digunakan sebagai patokan dalam memilih ISP atau penyedia layanan internet. Semakin besar bandwidth yang diberikan maka semakin baik juga layanan yang diberikan.

2. Membagi Kecepatan Pengiriman Data

Fungsi lain dari bandwidth adalah sebagai pembagi kecepatan pengiriman data. Setiap pengguna dapat diatur besaran bandwidthnya masing-masing. Sehingga bandwidth yang ada dapat disebar secara adil dan merata, diamna agar para pengguna nantinya tidak saling berebut bandwidth.

3. Mengatur Besar Data yang Dikirim

Admin jaringan biasanya akan melakukan pembatasan terhadap akses data yang diunduh dari internet. Tujuannya dalah agar trafik yang tinggi dapat berkurang dalam waktu yang lama, karena jika trafik selalu tinggi dan tidak dibatasi dalam waktu yang lama, maka hal ini akan mengurangi stabilitas jaringan dan pastinya akan mempengaruhi bandwidth yang dimiliki. 



Sekian pembahasan tentang pengertian dan fungsi dari bandwidth. Semoga artikel kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di artikel dan tutorial porkaone lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar