Cara Instalasi Laravel Terbaru

Halo semuanya kembali lagi di porkaone. Laravel adalah salah satu framework yang cukup populer saat ini, banyak sekali project skala kecil hingga besar menggunakan framework ini, alasannya karena memiliki fitur melimpah dan mudah digunakan. Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara melakukan instalasi laravel versi 8 pada komputer lokal.


Berkenalan dengan Laravel

Laravel adalah web framework berbasis php dengan syntax yang ekspresif dan elegan. Memberikan banyak sekali fitur yang memudahkan para developer untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi web, sehingga waktu pengembangan bisa lebih cepat. Diantara fitur yang ditawarkan oleh laravel seperti depedency injection, support banyak DBMS, database eloquent and migration, queues and scheduled jobs, templating model, unit testing, support banyak library, dapat diintegrasikan degan vue js dan masih banyak lainnya.


Instalasi Laravel

Sebelum melakukan instalasi laravel versi 8, pastikan kalian telah memiliki php versi 7,25 ke atas. Hal ini dimaksudkan agar saat proses instalasi dan dijalankan aplikasi dapat berjalan secara normal dan tidak terjadi error. Kalian bisa mendownload paket lengkap php dengan menggunakan xampp dimana semua kebutuhan server telah disediakan oleh aplikasi tesebut.

1. Jika kalian belum memiliki composer yang terinstall di komputer kalian silahkan download di link berikut ini https://getcomposer.org/download. Lalu lakukan instalasi seperti aplikasi pada umumnya

2. Kemudian bukalah terminal atau cmd kalian, lalu masuk ke direktori yang kalian inginkan. Tidak harus masuk ke folder htdocs, kalian bebas menentukan di folder mana aplikasi laravel akan diinstall. Silahkan jalankan perintah berikut ini di terminal atau cmd.

                        

composer create-project laravel/laravel example-app


cara install laravel 8
Instalasi laravel

Perlu kalian perhatikan, bahwa kata example-app bisa kalian ubah sesuai nama project yang diingkan. Lalu klik enter untuk mulai melakuan instalasi laravel. Oh ya, pastikan juga komputer kalian tersambung internet, karena proses instalasinya akan mendowload resource dari internet.

cara  instalasi laravel 8
Instalasi laravel selesai



3. Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya jalankan perintah di bawah ini dengan menggunakan cmd atau terminal. Pertama masuk ke direktori project example-app, lalu jalankan perintah php artisan serve

                            

cd example-app
                            

php artisan serve


cara install laravel 8
Menjalankan laravel

Perhatikan alamat virtual server yang diberikan oleh laravel. Silahkan copy alamat tersebut dan buka di browser kalian. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

cara install laravel 8
Laravel 8



Dari proses instalasi di atas, terhitung setelah kalian menginstall composer, maka kalian hanya butuh 1 step saja untuk melakukan instalasi. Bagaimana, sangat mudah bukan ?. 

Step selanjutnya kalian bisa mempelajari cara menggunakan routing pada laravel. Routing adalah cara untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya. Konsep routing sedikit berbeda pada laravel, jadi kalian harus mempelajarinya!.

Ok, sekian tutorial cara instalasi laravel terbaru, semoga tutorial kali ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar