Cara Merapikan File CSV Saat Dibuka di Excel

Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Comma separated value atau yang kita kenal dengan file CSV adalah file dengan isi plain text, biasa memuat daftar data dan tiap datanya biasa dipisahkan dengan koma. CSV dapat dibuka dengan aplikasi spreadsheet seperti excel dan CSV biasa kita dapatkan dari fitur export data pada sebuah aplikasi. 

Masalah yang terjadi pada file CSV adalah saat file tersebut dibuka ulang, pembaca akan sulit membaca dan memahaminya, karena data ditumpuk menjadi satu dan hanya dipisahkan dengan koma saja. Jika dirapikan secara manual maka akan menyulitkan pengguna data tersebut.

Di dalam aplikasi excel, ada fitur yang dapat kalian gunakan untuk merapikan data secara otomatis. Dimana cara ini lebih efektif dan efisien daripada harus merapikannya secara manual. Berikut ini tipsnya untuk kalian.


Cara Merapikan Data CSV dengan Text to Columns

1. Siapkan file csv terlebih dahulu dengan format bebas, lalu buka file tersebut dengan aplikasi excel.
2. Lalu seleksi semua data, (biasanya data csv di letakkan di kolom pertama).
3. Buka tab data, lalu pilih text to columns, lalu pada window dialog yang muncul, pilih delimited lalu klik tombol next.
merapikan file csv pada excel
Merapikan file csv (1)



4. Pada step selanjutnya, silahkan tentukan pembatas dari setiap kata. Karena pembatas kata pada file csv menggunakan koma, maka pilih comma pada delimitersnya. Lalu klik next.
merapikan file csv pada excel
Merapikan file csv (2)



5. Pada step terakhir, kalian akan diperlihatkan preview hasilnya. Disini kalian bisa memilih column data format yang sesuai. Silahkan pilih general saja, sesuai dengan default aplikasi excel. Lalu klik finish untuk menyelesaikan.
merapikan file csv pada excel
Merapikan file csv (3)



6. Hasil akhirnya bisa kalian lihat di bawah ini. Semua data otomatis menjadi rapi dan diurutkan sesuai dengan kolomnya masing-masing.
merapikan file csv pada excel
Merapikan file csv (4)



Selain dapat digunakan untuk merapikan data csv, kalian juga dapat menggunakan fitur text to columns untuk memisahkan text. Contohnya memisahkan nama atau alamat menjadi beberapa bagian. Dimana nama dan alamat biasa dipisahkan dengan spasi bukan dengan koma. Untuk tutorial cara memisahkan text menjadi beberapa bagian dapat kalian baca di link berikut ini #link.

Cara Merapikan Data CSV dengan Aplikasi Spreadsheet Terbaru

Cara di atas hanya digunakan untuk pengguna aplikasi excel atau spreadsheet versi lawas. Aplikasi spreadsheet terbaru bisanya sudah mendukung pemisahan data pada file CSV. Jika kalian tidak memiliki aplikasi spreadsheet atau Ms. Excel terbaru, kalian bisa menggunakan google spreadsheet untuk membuka file CSV tersebut, secara otomatis spreadsheet akan merapikan data. Kemudian diexport kembali dalam bentuk file excel untuk mendapatkan hasil akhirnya.

cara merapikan file csv pada spreadsheet
Merapikan file csv dengan google spreadsheet

Sekian tips dan trick cara merapikan file CSV saat dibuka di aplikasi excel. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial office lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar